3910075074_a43ecf42d8_z

SEJARAH LAGU : CINTA BERKAWAN

Image

Membuat lagu bagiku kayak curhat. Makanya hampir semua laguku diambil dari pengalaman hidup. 

Termasuk lagu ‘Cinta Berkawan’, lagu edcoustic yang ada dialbum pertama, Masa Muda. Lagu ini aku buat sekira tahun 2001an, waktu jaman kuliah.

Suatu minggu pagi aku bersama tiga orang sahabatku, Eggie, Fahmi dan Tomo, jalan-jalan menyusuri rawa di daerah Rancaekek, Bandung. Kami jalan kaki berkilo-kilo meter dari rumah, menjajal area yang belum pernah dikunjungi.

Rancaekek adalah daerah pinggiran ditimur Bandung. Meski terkenal dengan banjirnya, daerah ini memiliki padang sawah yang luas dan cantik. Disebut Rancaekek karena desa ini awalnya hanya sebuah rawa (ranca) yang dipenuhi burung ekek. Pantaslah kalo sering banjir, karena memang basicly ia daerah rawa.

Aku dan teman-teman baru tahu ternyata dipedalaman desa-desanya masih ada rawa yang dipenuhi air sepanjang tahun. Kami menyusuri rawa ini dengan sampan yang disewa penduduk sekitar. Ternyata rawa ini mengantarkan kita pada batas jalan tol Padaleunyi. Luar biasa.

Turun dari sampan, kami menyebrangi tol lewat jembatan penyebrangan. Dijembatan itu aku dan lainnya menikmati pemandangan lain. Mobil-mobil berseliweran, dari bus butut sampe sedan mewah. Masih ingatkah adegan lomba membuang ludah kate & jack di Titanic? Nah itu juga yang kami lakukan dijembatan ini. Empat manusia konyol berlomba-lomba membuang ludah sejauh yang dia mampu. Tak peduli ludahnya akan mengenai mobil atau tidak. 

Puas meludah sembarangan, kami tak kuat lagi pulang dengan jalan yang sama. Disebrang jalan tol sana tampak stasiun kereta api kecil. Kami akhirnya menaiki kereta ekonomi dari stasiun kecil itu menuju stasiun kecil lainnya, yakni Rancaekek. 

Kebersamaan yang tak pernah terlupakan. Dan sampai saat ini aku belum pernah lagi mengunjungi rawa itu. Aku mengabadikan kenangan pagi itu dalam sebuah lagu. Cinta Berkawan. Lagu itu aku buat malam harinya. Aku ingin mereka tahu bahwa persahabatan kami melampaui apapun. 

Sampai saat ini kenangan itu masih membekas dalam ingatanku. Seperti halnya persahabatan kami yang terus terjaga hingga kini. 10 tahun kemudian. Cinta Berkawan memang jujur dari dalam hatiku. Betapa indahnya persahabatan karena sehati. 

7 thoughts on “SEJARAH LAGU : CINTA BERKAWAN

  1. Suratan Tuhan kita disini…menapaki cerita bersama…cinta berkawan karena sehati dalam kasih ilahi…simpanlah hal yang berbeda…agar kisahmu teramat panjang…simpan rapi harapan berkawan selamanya…salah satu my favorite song from edcoustic di album pertamanya..meskipun kang aden tiada…tapi kisahnya terus menginspirasi saya…Semoga Allah memberikan tempat terbaik untukmu kang…aammiinn…

  2. akhi, ana baru tahu tulisan ini. antum kuat sekali merekam peristiwanya. Ana mohon maaf belum bisa memberikan yang terbaik untuk antum, setidaknya mengiringi catatan kebaikan bersama antum, seperti yang pernah kita lalui dulu. Ana berdoa, semoga Allah memberikan surgaNya untuk antum, dan kemudian ana berharap bersua kembali di tempat yang sama dengan antum. Ana mencintai antum karena Allah. 1/1/14

  3. yaahh … keren banged😉
    persahabatan emang pembahasan yang tak pernah habis habis .. ^_^
    aLhamduLiLLah, bersyukur banged punya sahabat yang mencintai dan membenci karena ALLAH..

  4. ya kang sya suka bgt lgunya…,,apalagi pas liat videonya,,lucu2,,hehe
    wach trnyata sjarahnya seru ya…d rncaekeknya d blok 16 bkan kang??
    kbetulan sya tnggal d rck….
    owh iya klo lgu ku pergi sjarahnya gmna??

  5. Asslm…
    Ana suka bngtz critanya..
    Oia Kang, ana juga dmen bgtz ma lgu Cinta Berkawan, pkoknya yg di album Masa Muda, apal smua lirik n lagunya dlm wkt krg lbh 1bln. Tp syg..tinggal knangan,, skrg udh ga’ bs nikmatin kasetnya, baru sbntar pny kset edc0ustic, e..d pnjem tmen lama ga’ d balikin, taunya trnyata hilang..
    Sdih bgtz tau..pdhl itu kaset kado spesial dari paman ana yg da d b0gor.. Cari pnggantinya dlu msh susah bgtz d Cireb0n, yg jual kaset nasyid langka n kurang lengkap.
    Jadi Curhat neh ma Kang Aden, hehe
    afwan, syukran, wsslm.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s