IMG00160-20111111-1704

H-14 : Produk Pertamaku Dari Perusahaanku Sendiri

Aku memandangi lama sekali, CD album: Edcoustic Hits Satu Dekade. Album terbaru yang akan dipasarkan 27 November nanti. Ada satu kepuasan tersendiri saat aku membolak balikannya berkali-kali. Ini dia, kataku, produk pertama yang aku tangani dan diproduksi oleh perusahaanku sendiri, KREAVISI. Setelah album-album dan single sebelumnya ditangani oleh label lain.

Meski album ini hanya kumpulan dari lagu-lagu populer Edcoustic mulai dari jaman “Nantikanku Dibatas Waktu” sampai yang terkini “7 Surga”, bukan berarti pengerjaannya simple dan sembarangan. Di album ini, aku dedikasikan sepenuhnya semua nalar dan kreativitasku sebagai produser album. Aku ingin orang betul-betul bangga memilikinya, karena album ini aku rancang agar orang-orang berkata “album inilah yang menginspirasiku..”

Hits Edcoustic memilih 12 lagu terbaik dari 23 lagu Edc yang sudah di publish. Ini bukan pekerjaan yang mudah, karena itu aku selalu berkonsultasi dengan timku di Kreavisi, tak terkecuali dengan Eggie, sang gitaris. Selama beberapa minggu aku berkonsentrasi pada pemilihan lagu, karena ini sangat penting. Meski banyak usulan dari kanan kiri, nyatanya aku sendiri yang banyak menentukan. Entah itu sisi negatifku yang terlampau egosentris, atau memang aku seniman sejati yang tak mau karyanya terlalu dicampuri orang lain.

Mungkin sedikit diantara produser yang bisa mendesain sendiri cover albumnya. Dari yang sedikit itu maka akulah diantaranya. Padahal mudah saja untuk menyewa desainer grafis, tapi aku tak pernah lupa kejadian 2005 saat cover album Tashiru digarap desainer dan hasilnya menurutku tidak memuaskan. Saat itu aku bertindak sebagai salah satu tim produksi, dan aku gemas sekali melihat desain covernya. Meski bukan lulusan desain grafis, tapi aku sangat suka pekerjaan itu, dan belajar secara otodidak mengenai desain. Maka album ini pun aku sendiri yang mendesainnya, memilih percetakannya, hingga menentukan pabrik mana yang ditunjuk untuk menduplikasi CD nya.

Disaat awal perencanaan, aku ditelpon seorang ustadz, pemilik Qur’an Al Burhan, Ust. Nandang namanya. Istrinya sangat suka dengan Muhasabah Cinta, dan beliau mengajak kerjasama bundling produk, yang menurutku ini hal gila tapi masuk akal. Apa pernah kalian membeli Al Qur’an yang didalamnya ada hadiah CD album? Bagi penentang musik, rasanya itu seperti menodai kitab suci. Tapi aku suka dengan ide ustadz, toh pada kenyataannya lagu Edcoustic memiliki benang merah dengan ayat-ayat didalamnya.

Langkah awal yang baik, pikirku. Selain memenuhi permintaan para edfriends yang ingin mengoleksi album fisik Edcoustic, dengan bundling Al Qur’an Edcoustic bisa menyasar pasar yang lebih luas lagi. Rasanya aku semakin bersemangat untuk meng-edcoustic-kan masyarakatdan memasyarakatkan Edcoustic hehehe… duh bahasanya narsis amat.

Kini 14 hari menjelang album ini dirilis, ada kekhawatiran yang terus berperang dengan sikap optimismeku. Tapi aku memang suka dengan petualangan, jadi aku anggap saja ini bagian dari petualanganku. Mengenai hasilnya apakah sukses atau tidak, itu urusan Allah. Selama aku telah mengerahkan seluruh kekuatanku, aku selalu menganggapnya itulah sukses yang sebenarnya.

2 thoughts on “H-14 : Produk Pertamaku Dari Perusahaanku Sendiri

Leave a Reply

