sleep

MENCIPTAKAN LAGU LEWAT MIMPI

Ini memang sulit. Tapi ini benar-benar terjadi, teman. Tadi malam contohnya, jam 1  aku terbangun, karena memang dipaksa bangun olehku sendiri. Aku bermimpi sedang berlomba membuat lagu, dan aku memilih menciptakan lagu dangdut. Oke jangan tanya kenapa dangdut, namanya juga mimpi. Seorang penyanyi dangdut wanita entah siapa namanya dengan fasih menyanyikan laguku, dan menurutku itu lagu enak banget.

Dalam setengah sadar aku tahu ini cuma mimpi, makanya aku paksain bangun. Hmm pernah kan kamu dalam keadaan setengah sadar? Mau coba bangun tapi susah, antara otak sama otot kayak ga konek, otot nyuruh gerak eh otaknya masih kebluk. Orang sunda bilang, lagi terkena ‘eureup-eureup’, semacam hantu spesialis tukang nindihin orang tidur. Aduh itu hantu jail banget. Sudahlah, tak usah dipercaya.

Oke, sebelum bahas lagu, aku mau kasih trik supaya bisa terbangun dalam kondisi kayak gitu. Simple banget, cukup gerakin ujung-ujung kaki kita, sekuat mungkin. Kalo bisa gerakin kaki, otomatis yg lain ikut gerak. Dan plis jangan coba memulainya dengan menggerakkan bibir, nggak akan mempan. Apalagi menggerakan dulu si otong (maaf khusus laki-laki).

Trus kenapa aku pengen bangun, karena itu lagu enak. Meski alirannya dangdut, tapi suer lagunya enak. Coba deh dengerin : %^%$#@!##$$?!. Tuh, enak kan? Nah, dasar otak matre, bela-belain aku bangun karena ini bisa jadi duit hohoho. Setelah berhasil bangun, yang pertama aku sambar adalah hape. Aku aktifin perekam suara, terus nyanyiin dah, meski liriknya ngawur-ngawur dulu. Kalo ga gitu, yakin dah lagunya bakal lupa lagi. Misal, ah ntar aja subuh pas bener2 bangun, baru direkam lagunya. Aku acungin 4 jempol deh buat yang mampu.

Setelah berhasil terekam, lega sudah. Tidur lagi, mimpi lagi, episode baru dengan cerita lain, bukan tentang bikin lagu. Hmmmm orang tengah malam bangun untuk tahajud, ini malah bikin lagu. Bukannya diterusin solat ya, malah tidur lagi, astagfirullah, aden…… aden….

Baiklah teman, aku cuma mau berbagi. Soal bikin lagu itu sudah area kerjaannya otak kanan. Jadi jangan heran kalo menciptakannya bisa dilakukan dalam mimpi. Soalnya ketika tidur, yang kerja adalah otak kanan. Berimajinasi, berkreasi, intuisi dll. Sebetulnya ini bisa juga terjadi pada profesi-profesi kreatif lainnya, kayak penulis, inovator produk, pelukis, penari, penyanyi, pengrajin, dan banyak lagi. Kebetulan profesiku adalah pencipta lagu, jadi Allah ngasih ilhamnya dimana aja, kapan aja, dalam mimpi sekalipun.

15 thoughts on “MENCIPTAKAN LAGU LEWAT MIMPI

  1. Percayalah. Sy uda brkali2 sperti mas. Anehnya saat stiap bangun alunan nya sy lupa bhkan liriknya. Yg sy ingat cuma ujung lagu nya saja. Ttp sy ga prnh dlm keadaan eurep-eurep hnya dlm ksulitan menarik diri sndri dr alam mimpi ke alam sadar. suatu kali sy brhasil menarik nya scepat mgkn sblm lupa namun yg brhasil hnya liriknya saja utk arransement nya sy ga prnh bs nemuin seprti dlm mimpi.. Aga2 kesel gondok gmnaa gtu hehehe. Tpi sy anggap aja Tuhan sdg meng ‘entertaint’ sy dlm mimpi jadi ketika sy sllu sj lupa..mgkn Tuhan blm mengijinkan karya-NYA dinikmati byk org diluar alam mimpi .msh limited edition utk sleeper sja hehehe. Nice share.. Sy ketemu blog ini jadi tdk merasa sndrian mngalaminya

  2. sama seperti mimpi saya semalam..

    saya juga sering menciptakan lagu meski (sudah) bukan anak band atau penyanyi

    dalam mimpi, saya punya piano yg besar, lalu saya mainkan nada yg merdu yg belum pernah saya dengar

    waktu bangun merasa heran, buru-buru aja ambil hp terus rekam nadanya pake suara fals khas orang bangun tidur, hehehehe..

  3. saya jg pernah nyiptain lagu d mimpi , , , tp ga mpe eureup” , , , krn g dpaksain bangun , , , pas bangun lupa lagi dah tu lagu , , padahal kyak’y pas d mimpi mah enakeun , , , lebar , , , hehehe

  4. saya jg pernah nyipatin lagu d mimpi , , , tp ga mpe eureup” , , , krn g dpaksain bangun , , , pas bangun lupa lagi dah tu lagu , , padahal kyak’y pas d mimpi mah enakeun , , , lebar , , , hehehe

Leave a Reply

