SINGLE LAGU TERBARU EDC, ANTARA MOOD DAN DEADLINE

Cerita sedikit gpp ya hehe.. Biasa lah lagi pengen curhat.

Edcoustic sekarang lagi nyiapin satu single terbaru. Single ini ntar bakal ada di album kompilasi bikinan salah satu major label. Nah masalahnya adalah pemilihan lagunya itu.

Jujur, sampe sekarang belum ada lagunya hiks hiks… (sampe hari selasa 18 Mei 2010 jam 11 malam). Bukan. Bukan karena ga punya lagu. Tapi belum ada yang cocok. Itu kata produser.

Kalo dihitung2 sudah hampir sebulan ini pontang panting bikin lagu, bikin sample musik. Tapi ga ada satu pun yang nyangkut ditelinga produser. Hampir tiap minggu bolak balik bandung jakarta. Eh yang nyangkut malah lagu buat artis yang lain. Ya alhamd juga sih, bersyukur ada beberapa laguku yang masuk.

Terakhir jumat kemarin. Aku setor dua lagu, paling baru. Bener-bener fresh. Sampe-sampe lagu kedua, belum ada judulnya. Tapi memang belum ada yang bisa buat Beliau berdecak-decak.

“Kurang apa ya.. enak sih enak. Tapi… Ngga greget gitu loh” Sahutnya

Hehe.. aku cengar cengir, garuk garuk ngga penting

“Udah lah Den.. Pake lagu XXX aja, gpp kita remake lagi musiknya” Sambung Beliau

Ok, aku beritahu, lagu XXX itu lagu yang pernah ada disalah satu album Edcoustic sebelumnya. Kenapa ga disebutin aja bro? ya.. ga mau aja hehe..

Aku sih ga masalah ya, pake lagu itu. Toh masih lagu racikanku juga. Tapi gimana ya, aku tuh pengen bikin single yang bener-bener baru. Fresh. Totally new release.. Setuju?? (sip sip.. thanks anggukannya)

Maksud aku ya, kalo single ini karya baru, orang bakal lebih apreciate. Ada sesuatu yang menggebrak. Setelah dua tahun ini Edcoustic sangat kental dengan Muhasabah Cintanya. Nggak sedikit yang nanya, kapan dong lagu barunya??

Selama ini kan aku cuma jawab, hehe tunggu aja ya. Hmm.. 2012 kali. Sabar ya.. mohon doanya.. Begono

Nah aku pengen bikin orang seneng. New Hits Single. Orang kan seneng, aku juga ikut seneng. Orang terhibur, terinspirasi. Aku tambah semanget, kali aja dapet pahala.

“Gini aja deh Mba..” jawabku” Kasih aku waktu seminggu lagi. Kalo ternyata minggu depan, lagu yang aku sodorkan juga tetep ga ada yang nyangkut. Aku ikut aja deh, single nya pake yang XXX”

“Nice Den, tetep semanget oke.. pokoknya kamu pasti bisa. Gitu dong, jangan gampang nyerah”

Ok den.. kamu pasti bisa. Sang produser masih ngasih waktu buat kamu. Jadi minggu depan bawa lagi lagu-lagu inspirasional kamu. Ya ya ya.. meski BT, tetap semangat coy….

Aku jadi semakin mengerti peran seorang produser. Dia sangat peka terhadap lagu-lagu yang “berbahaya”. Tahu maksudnya? Lagu yang punya kans untuk meledak. Nah mungkin lagu yang sudah aku sodorkan belum ada yang berbahaya hehe..

Dia kan punya tanggung jawab gede ke Produser Eksekutif, yang udah danain semuanya. Makanya sangat perfeksionis untuk soal pemilihan materi lagu. APalagi ini kan single, beda lah sama album. Single cuma satu lagu, karena satu lagu, makanya yang harus bener-bener fenomenal. Wah pusing juga ya mikirin satu lagu doang.

Didalam taksi, sepulang dari sana, aku coba mengutak atik nada. Tapi bener, musisi itu moody. Kalo ga mood, ya udah ga bisa dipaksa. Dipaksa malah jelek hasilnya. Suerr ewer ewer.. saat itu aku pengennya diem, moodnya lagi bete. Ditambah macet total ala jakarta tea… aaaaaaaaaarrrrrrrrrrggghhhhhhhh. Dari Pondok Indah menuju Gambir, diam membisu. Trus kebayang ntar 8 jam di kereta ke jogja, sendirian pula.Ooowwwwggh hari yang melelahkan. Aku marathon bandung-jakarta-jogja dalam sehari.

Bikin lagu emang gampang gampang susah. Kadang beres lima menit, kadang berbulan-bulan. Ditanya mengapa, ya jawabannya itu tadi. Musisi itu moody. Ga semua sih, tapi rata-rata. Aku termasuk yang rata-rata itu. Menyebalkan. Tapi kalo sudah dikejar deadline, biasanya turun tuh ilham. Ojol ojol ada aja ide lagu yang renyah.

Pernah aku janjian sama arranger musik, buat bikin sample musik lagu baru. Janjian via telpon, padahal lagunya belum ada. Sepanjang perjalanan ke rumah studionya, alhamd dapet. Nyampe rumah dia, aku minta waktu bentar buat nulisin liriknya yang baru kepikir. Wah gila itu mah. Don’t try it at home oke..

Nah kayak sekarang. Kamis harus sudah setor lagu, berarti waktu cuma besok doang. Sementara besok waktunya untuk bikin sample musik, dan itu ga satu lagu. Minimal 3 lagu. Belum studionya lagi dipake mixing Laluna. cepedeh…

Tapi. Ini ada tapinya. Kalo udah dikejar deadlina kayak gini, biasanya suka bertelor tuh. Ngga tahu  kayak gimana caranya. Mudah-mudahan ya Allah, please lah…

13 thoughts on “SINGLE LAGU TERBARU EDC, ANTARA MOOD DAN DEADLINE

  1. mga berhasil,,,,dtunggu album n single terbarunya……

    hm,,,kapan ya nyanyi bareng?????
    wkwkwkwkw,,,,ngarep
    !!!!

  2. Goog Luck…..
    Semangat A….
    Inget lagunya D’masiv ….
    “Jangan menyerah…. jangan menyerah….. jangan menyerah…..”

    Deadline emang bikin puyenk… But, klo deadline itu di lihat dan di kerjakan untuk hobby pasti enjoy….

    So, lakukan semua dengan senyum ya A….
    Di doain deh mudah-mudahan Inspirasi “Berbahaya” segera datang…..

    Di tunggu Lagu Barunya…..

    GOOD LUCK BROTHER

  3. Subhanalloh… Mood dan Deadline!!! Semangat selalu.. mudah2an lagunya bisa ‘Berbahaya’ dan meledak dipasaran.. aminn..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s