NONTON NOMINASI FFI 2009

Tadi siang aku menyaksikan pengumuman Nominasi Festival Film Indonesia 2009 di rumah. Senang rasanya tahun Indonesia masih bisa menggelar acara seperti ini. Hal tersebut adalah bukti bahwa industri perfilman kita memang sedang naik. Setelah hampir satu dekade (1992-2002) sempat mati kutu.

Sekira 40 film bioskop terseleksi dan berebut meraih prestasi diajang tahunan ini. Dan tadi siang diumumkanlah siapa-siapa yang masuk nominasi, untuk kemudian tangal 16 Desember nanti piala citra bisa diboyong oleh nominator yang unggul.

Ada beberapa nama yang kuperkirakan bakal masuk nominasi dan ternyata benar. Seperti Atik Kanser dan Reza Rahadian difilm apik “Emak ingin Naik Haji”. Keduanya punya kans kuat menggondol citra, meski harus bersaing ketat dengan nominator lainnya yang tak kalah bagus. Bahkan Reza berhasil menyabet dua nominasi, sebagai aktor terbaik dan aktor pendukung terbaik (untuk film “Perempuan Berkalung Sorban”).

Bagiku yang sudah sedari kecil senang mengamati dunia perfilman, ajang penghargaan film semacam FFI dianggap jadi program unggulan yang wajib ditonton. Bahkan mungkin lebih gila lagi, dibuat ajang olehku sendiri (baca tulisanku di kategori film).

Tahun ini aku sudah merencanakan untuk ikut menilai hasil nominasi FFI. Sebelum tanggal 16, aku akan membuat prediksi atas penilaian sendiri siapa saja yang berhak meraih Citra. Mulai besok aku jadwalkan menonton film2 yang  berhasil meraih nominasi. Mengamati, menilai dan menentukan nominator mana yang berhak menjadi yang terbaik.

Kelihatannya memang seperti kegiatan buang2 waktu saja. Tapi ini soal hobby, kawan. Kalau orang rela berjam-jam mendekam dipinggir kolam untuk memancing, sanggup menghabiskan uang dimalam hari untuk berhura-hura. Bukankah itu juga hobby.

Aku yakin, suatu saat nanti hobby ku ini akan mendatang hasil, entah apa. Mungkin saja aku benar-benar akan terjun didunia film, bisa saja. Sebagai apa aku tak tahu.

Baiklah, Kawan. Setelah aku menonton semuanya, aku akan report disini. Hasil penilaianku. Sebelum tanggal 16, tentunya.

Kalau anda artis , pelaku ataupun pengamat film, dan membaca tulisan-tulisanku, jangan hiraukan. Anggap ini hanya gurauan saja. Penilaianku tidak berdasar pada ilmu perfilman yang anda kuasai. Ini lahir dari kecintaanku terhadap film negeri sendiri.

2 thoughts on “NONTON NOMINASI FFI 2009

  1. yup, gak salah reza dapet piala itu kang, aktingny abagus, maksimal, tidak seperti ketika dia di sinetron. di emak ingin naik haji emosinya beragam banget , jadi lebih variatif. salut to reza u deserve it

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s