10.000 JAM TERBANG

6569_1080588508174_1630156750_315016_3078794_nDitengah perjalanan ke Cianjur, Ust Budi Prayitno bercerita tentang buku yang tengah ia gemari. Aku lupa nama buku nya (mungkin mas Budi bisa tolong kasih tahu hehe..). Beliau bilang, hampir semua orang-orang sukses yang kini menjadi legenda, pernah menjalani kurang lebih 10.000 kali jam terbang. The Beatles, contohnya. Sebelum mereka sukses di kancah industri musik dunia, The Beatles telah menjalani 10.000 jam tampil di berbagai event. Hampir tiap malam mereka manggung dari satu cafe ke cafe lain. Mereka asah kemampuan musikalitasnya dengan melewati sepuluh ribu jam, sebelum akhirnya bisa menjadi bintang dan melegenda hingga kini.

10.000 kali jam terbang atau pengalaman, ternyata berkorelasi dengan terbentuknya karakter keilmuan kita pada satu bidang yang ditekuni. Gagal, mencoba lagi. Gagal, kemudian bangkit lagi.  Ada yang salah, diperbaiki. Yang bagus, ditingkatkan. Salah melangkah, diluruskan. Mengalami pergesekan kepentingan. Ada yang suka, ada pula yang benci. Putus hubungan silaturahmi, sambung kembali. Semua ujian-ujian itu, lumrah terjadi melewati 10.000 kali pengalaman. Hingga akhirnya kita terasah, dan expert dibidangnya. Sukses dan mampu mensukseskan yang lain.
Nah, apapun bidang anda, jadilah yang paling sukses. Aku teringat ucapan pemilik GE, jadilah nomor satu atau dua dibidangnya. Mas Budi meyakinkan, siapapun yang sungguh-sungguh mengalami 10.000 kali jam terbang, buahnya adalah keberhasilan dan kesuksesan.

Sampai di cianjur dan akhirnya kembali lagi ke Bandung, yang masih aku kenang adalah 10.000 itu. Kenapa nggak 10.001 atau 11.000?

Ouugh pertanyaan bodoh.. aku terlalu banyak menonton sponge bob bersama anakku hehe..

Lalu hubungannya 10.000 dengan sponge bob?

Huhhhh… lebih baik aku sudahi saja tulisan ini

Wassalam

7 thoughts on “10.000 JAM TERBANG

  1. syabas…kuatkan usahanya ya akh…
    kerna yang dilihatNya bukan natijah, tetapi usaha kita..
    Moga terus kuat berkarya dan berdakwah melalui seni dan tulisan…anugerah ini juga anugerah terindah dari Allah SWT buatmu…

  2. Iya ya,knp gk 10.001 ato 11.000.?
    Hehehee..
    Tp smp skrg an msh kpkiran teori (apa y,ak lupa?)
    pokony gn ni, pejamkan mata, dan katakan dg mantap d dlm ht, apa keinginanmu!
    Hhh! Itu kena bgt d hati an.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s