Musim Hujan

rainBeberapa hari terakhir udara Bandung betul-betul dingin. Entah berapa derajat celcius. Ngga pagi ngga malam, hujan datang mengguyur kota cantik ini. Dari balik kaca helm aku menikmati rintikan air hujan, disepanjang jalan. Aku merasa Bandung semakin indah. Semua terlihat basah, berembun, dan mendingin. Orang-orang berteduh, berbalut jaket tebal. Sebagian lainnya berjalan menenteng payung warna warni.

Melewati jalan-jalan utama, seperti jl Diponegoro. Tampak masjid Pusdai, RRI dan Gedung Sate beserta Gasibunya. Bangunannya semakin menawan, berkat ribuan bahkan jutaan titik air berjatuhan dari atas awan mendung yang rata melingkupi parisj van java. Sebagian orang mungkin tak dapat melihat keindahan ini, malah mengeluhkan musim hujan. Tapi tidak bagiku. Karena aku suka musim hujan di kota Bandung.

Sore itu jalanan padat oleh berbagai kendaraan. Maklumlah, jam-jam pulang kerja. Dibawah fly over Pasopati puluhan motor markir, menjejali selasar tiang-tiang jembatan layang. Mereka berteduh sekaligus menikmati penganan hangat para pedagang. Mulai dari gorengan, basotahu sampai mie bakso. Aku tersenyum. Bahagia rasanya bisa melihat pemandangan seperti ini.

Melewati jalan Dago, berjejer FO-FO ternama. Yang tiap week end selalu dipenuhi orang-orang Jakarta dan wisatawan lainnya. Sore itu tampak lengang, karena ini bukan akhir pekan. Bangunannya tak jelas terlihat karena derasnya hujan diwilayah ini. Aku hanya bisa memandangi pohon-pohon rindang berusia ratusan tahun yang berjejer sepanjang jalan Dago. Sekaligus menikmati kemacetan diarea Simpang Dago. Diantara mobil, angkot dan motor-motor.

Sejak dulu aku selalu menyambut musim hujan dengan suka cita. Aku percaya dimusim ini selalu disesaki kisah-kisah hidup yang penuh pesona. Baik itu kisah indah maupun kisah sedih. Kisah yang tak terlupakan dalam sejarah hidupku. Aku percaya itu, bertahun-tahun.

Banyak lagu yang aku ciptakan dari cerita dimusim penghujan. KISAH DIMUSIM HUJAN. GERIMIS DIBANDUNG UTARA. BULAN DESEMBER. Dan lainnya. Banyak juga lagu yang aku gubah dari cerita suka dukaku sepanjang musim ini. Tak bisa aku sebutkan satu persatu. Yang jelas musim dingin di Bandung selalu memberiku ribuan inspirasi.

12 thoughts on “Musim Hujan

  1. assalamu’alaikum kang…

    ana setujutuh,, musim hujan emang indah banget…

    ana seneng banget ama hujan,, karena dibalik rintiknya ada ribuan berkah yang tersimpan…

    takbir! ALLAHUAKBAR!!

  2. hehehe…
    umur boleh tua (terus bertambh) tpi smangat jgn tanya…layaknya pejuang 45 (anak2 muda aj kalah)..tul ga,kang ?

    Btw…ehm…boleh nih kpn2 kang aden nulis ttg tips2 menulis ^_^ ..OKE

  3. plok…plok…plok…
    wah ternyata kang aden pnya bakat jdi penulis…
    kuerennn…euy

    penuh smangat,syukur’n kdg2 lucu/aneh…ciri khas tulisan kang aden…hehehehe ^_^…so,awet muda yo,kang

  4. qte hrz mencintai lagu2 jadul kg,, sbg sumber inspirasiiii.. hehe.. kan ada slogannya “cintailah lagu jadul dalam negeri”..
    owh,, kalo itu majikannye,,, berarti kg aden ada di belakangnye lagi lari lari bawain payungggggg (ketutupan mobil).. ya khannnn hahaha..

  5. To Nawi:
    Tau ga? betapa indahnya banjir di Rancaekek.. banyak air.. banyak uler.. banyak kodok.. trus musim perahu lagi.. wah indah bangeeeeeeeeeeet
    Belum ke rancaekek kalo belum ngerasain banjir
    jadi kapan ke rck wan?

  6. To Citra:
    Itu lagu jaman citra masih muda ya? kasian banget si.. jadul abiiiss
    btw itu tkg becak bukan saya cit.. tapi majikan saya haha2

  7. Assalamualaikum🙂 kalo bicara mslh hujan saya suka teringat kecil dulu, kalo plg sekolah waktu SD trus kebetulan hujan pasti plg kermh ‘nyeker’so much fun, tp ga banjir.. ari Rancaekek banjir teu kang? heu…..

  8. Kg salah satu judul lagune ada yang “eh ujan gerimis aje” g??
    BTW di gambar yang pake jas ujan item n topi semi item2 itu pasti kg aden yg lagi banting tulang khan..
    Brrrrrrr.. tirizzzzzzzzzzzzzzzzzzz

Leave a Reply

